Translate

REVIEW FILM TOP SECRET "THE BILLIONAIRE"

---------------------------------------------------------------------------------
THE BILLIONAIRE, juga dikenal sebagai Top Secret: Wai Roon Pan Lan (Thai: วยั รนุ่ พันลา้ น), adalah sebuah film biografi Thai dirilis oleh GMM Thai Hub. Hal ini disutradarai oleh Songyos Sugmakanan dan bintang Pachara Chirathivat, Somboonsuk Niyomsiri (Piak Poster) dan Walanlak Kumsuwan. Film ini menceritakan kisah Top Itthipat Kulapongvanich, bagaimana dia memulai bisnisnya dan pada usia sembilan belas tahun. berhenti dari universitas untuk memulai bisnis rumput laut goreng kemasan.Sekarang ‘Tao Kae Noi Food & Marketing’pioner rumput laut kemasan di Thailand dan Top menjadi salah satu milyarder termuda Thailand. Film ini dirilis pada tanggal 20 Oktober 2011 di Thailand, di mana ia meraup 38.796.264 baht.
---------------------------------------------------------------------------------
Top Secret a.k.a The Billionaire adalah film kisah nyata yang menceritakan tentang seorang anak muda, Top Ittipat yang mempunyai ambisi besar untuk menjadi seorang pengusaha muda yang sukses. Namun, untuk mewujudkan cita-citanya itu jalan yang harus dilaluinya sangat tidak mudah. Apalagi dengan usianya yang terbilang cukup muda yaitu 19 tahun. Cerita ini dipenuhi pengorbanan dari seorang Top. Berawal saat berumur 16 tahun, Top adalah pecandu game online yang beruntung dan bisa memiliki banyak uang karena hobinya itu. Namun bisnis tersebut tidak bertahan lama karena sepak terjangnya di dunia maya itu dihentikan sebab dianggap ilegal.

Saat berusia 17 tahun ia mencoba untuk mendapatkan uang dengan menjual kacang goreng ala Thailand di supermarker. Saat itu dia kuliah di jurusan bisnis, namun ia tidak pernah masuk kuliah dan hanya sibuk memikirkan bisnisnya. Ia mendapatkan materi dalam perkuliahan dengan menitipkan sebuah tape rekorder untuk merekam materi yang dijelaskan dosen di dalam kelas. Sebelum ia menjual kacang goreng ia melakukan survey lapangan terlebih dahulu. Ia meneliti cara untuk mendapatkan rasa kacang goreng yang sangat enak. Usaha ini awalnya terlihat sangat menguntungkan dan ia berhasil membuka beberapa cabang dengan bantuan pamannya. Usaha ini kembali gagal karena mesin penggoreng kacang menimbulkan asap dan berefek pada tembok supermarket. Pemilik supermarket tersebut membatalkan kontrak sewa tempat dan melarang Top berjualan lagi.

Saat berusia 18 tahun keluarganya bangkrut dan memiliki hutang sebesar 40 juta Bath. Kedua orang tuanya memutuskan pindah ke China, namun Top tidak mau ikut dan lebih memilih tinggal di. Saat itu Top merasa dropp dan sangat terpuruk, namun ia tidak pantang menyerah. Ia tidak kehabisan akal dan ide untuk bangkit dari keterpurukannya. Berawal dari jalan-jalan bersama dengan kekasihnya ia mendapatkan ide untuk berbisnis di bidang makanan yaitu Snack Rumput Laut. Ia memutuskan untuk berbisnis di bidang itu.

Top membeli Rumput Laut mentah sangat banyak. Ia meminta tolong pada pamannya untuk menggoreng. Rasa rumput laut gorengannya pahit namun ia tidak menyerah. Saat ia pergi membeli rumput laut mentah, pamannya menggoreng rumput laut di rumah dan terjatuh saat hujan tiba. Ia merasa bersalah dan membawa pamannya kerumah sakit. Kemudian ia pulang dan mencoba menggoreng rumput laut itu sendiri namun rasa yang dihasilkan tetap pahit. Ia tidak putus asa hingga rumput laut yang ia beli habis. Ia merasa kesal dan bingung. Kemudian ia melihat ada rumput laut yang tersisa yang terkena hujan kemarin. Ia goreng rumput laut tersebut dan rasanya tidak pahit lagi. Ia menemukan cara terbaik dalam membuat snack rumput laut yaitu dengan diembunkan terlebih dahulu.

Awalnya usaha tersebut ditolak, namun ia tidak menyerah dengan memperbaiki produknya dengan kemasan yang lebih kecil dan dengan harga terjangkau. Ia kembali mempresentasikan di 7-eleven dan diterima. Ia diperbolehkan bekerja sama namun harus mempunyai pabrik. Dia membangun pabrik orang tuanya yang telah disegel dengan menjual mobilnya. Peninjauan pabrik dilakukan oleh7-eleven dan dia belum dinyatakan lolos sebab masih banyak kekurangan dipabriknya. Ia berjanji memperbaikinya dan diterimalah kerjasamanya. Mulai saat itulah ia berhasil dan menjadi Millioner baru. Ia membawa orang tuanya kembali ke Thailand dan membayar semua hutang orang tuanya.

---------------------------------------------------------------------------------

MOTIVASI YANG BISA DIAMBIL DARI FILM

---------------------------------------------------------------------------------

BERANI MEMULAI
Tanpa ragu Top berani memulai bisnis. Walaupun setelah bisnis game online dan DVD nya gagal, Top tidak takut memulai lagi untuk berbisnis kacang goreng.

BERANI MENNGAMBIL RESIKO
Top selalu tak ragu dalam berinvestasi, yang digambarkan dalam sebuah scene Top menjual 6 komputernya untuk membeli rumput laut mentah yang akan digunakan untuk menemukan cara agar rumput laut tersebut enak. Dalam scene lain, Top menjual mobilnya sebagai modal untuk membangun pabrik, berani mengambil resiko walaupun berkemungkinan akan gagal dalam pengembangan produknya melalui 7-eleven.

JUJUR DAN BERTANGGUNG JAWAB
Unsur jujur dan bertanggung jawab, digambarkan ketika Top menolak untuk menyuap pihak GMP yang menginspeksi kelayakan pabrik Tao Kae Noi.

MEMBACA PELUANG
Top mampu melihat peluang pasar untuk memproduksi olahan rumput laut, dimana dilingkungannya sulit mendapatkan rumput laut kemasan.

BERFIKIR CERDAS                     
Seperti penggalan scene film Top Secret: The Billionaire diatas, “Memulai bisnis haruslah setahap demi setahap, membutuhkan kerja keras dan kecerdasan yang tinggi.” Seorang wirausaha haruslah mempunyai kecerdasan, cerdas membaca peluang dan cerdas dalam mengelola bisnisnya.

BEKERJA KERAS
Ketika remaja seusianya menikmati hidup dengan bermainmain, Top sudah bekerja keras untuk impiannya menjadi wirausaha sukses. Dibantu oleh pamannya Top memulai bisnis kacangnya sendiri, memilah kacang yang baik sendiri, mengangkat karung kacang sendiri dan menggorengnya sendiri.
             
PANTANG MENYERAH DAN PUTUS ASA
Beberapa scene menunjukkan Top adalah sosok yang pantang menyerah dan tidak mudah putus asa. Walaupun gagal menghabiskan berkardus-kardus rumput laut mentah, Top tetap mencoba hingga menemukan cara mengolah rumput laut yang benar. Dan tak putus asa menunggu Nn. Pu, direktur 7-eleven berjam-jam untuk mendaftarkan produknya ke manajemen 7-eleven.

---------------------------------------------------------------------------------



 “Bila kita berpikir kita kaya, maka kita akan kaya. Bila kita berpikir kita sukses, maka kita akan sukses. Cara berfikir yang baik akan memberikan kekuatan. Jadilah pribadi yang selalu berfikir positif dan optimis.”

Mantap dah Ittipat ,film ini mampu menginspirasi!

---------------------------------------------------------------------------------
#businesspractice4 #bp4 #stmikasia www.asia.ac.id
---------------------------------------------------------------------------------
"REVIEW FILM TOP SECRET THE BILLIONAIRE"  Kamis, 05 April 2018 pukul 10.00 WIB di Perguruan Tinggi ASIA Malang."

PLEASE SHARE THIS

Facebook Google+ Twitter

Komentar

  1. nih film asli ngena banget , bisa jadi motivasi buat saya sendiri

    indoxxi

    BalasHapus
  2. Film nya menginspirasi banget buat para remaja ....like banget

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer