Translate

JOB DESCRIPTION & BUSINESS FUNCTION - JAWA POST RADAR MALANG




Radar Malang termasuk dalam Jawa Pos Group. Dari 15 Radar di Jatim, Radar Malang merupakan media terbesar yang berlokasi di Kota Malang. Berdiri sejak 15 Desember 1999, perkembangan Radar Malang sangat pesat selama kurun waktu tujuh belas tahun ini.
Sebelum ada Radar Malang, Jawa Pos Biro Malang pada 1988 merupakan embrio Radar Malang. Saat ini Radar Malang terdiri dari 12 halaman yang mengusung bera­gam berita di wilayah Malang Raya, meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu. Saat ini, Radar Malang merupakan koran lokal terbesar (market leader) di wilayah Malang Raya dengan oplah rata – rata per hari 35.000 eksemplar.

Radar Malang berdiri di bawah naungan usaha PT Malang Intermedia Pers dan terdiri dari tiga divisi kerja, yakni: Divisi Redaksi, Divisi Iklan dan Divisi Pemasaran Koran. Di luar divisi tersebut, Radar Malang telah memiliki tim event organizer (EO) yang menggarap beragam kegiatan off print Radar Malang yang bekerja sama dengan mitra kerja.
--------------------------------------------------------------------------------- 

Pekerjaan adalah suatu pernyataan tertulis tentang apa yang senyatanya dilakukan oleh pemegang jabatan, bagaimana melakukannya, dan dalam kondisi seperti apa jabatan tersebut dilaksanakan. Informasi ini pada gilirannya akan digunakan untuk menulis spesifikasi jabatan, yaitu daftar pengetahuan, kemampuan, dan keahlian yang dibutuhkan untuk melaksanakan jabatan secara memuaskan. 

--------------------------------------------------------------------------------- 

Macam- Macam Perusahaan

Perusahaan Manufacture
Perusahaan manufaktur dalam setiap pekerjaan atau kegiatan operasional yang dilakukannya tentu memiliki acuan dan standar dasar yang digunakan oleh para karyawan yang bekerja, biasanya acuan standar tersebut disebut dengan SOP (Standar Operasional Prosedur).

Perusahaan Jasa
Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau perusahaan jasa dapat diartikan juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan.

Perusahaan Retil
Retail adalah satu atau lebih aktivitas yang menambah nilai produk dan jasa kepada konsumen baik untuk kebutuhan keluarga atau untuk keperluan pribadi. Banyak orang berpikir bahwa Alfamart/Indomart merupakan retail yang sesungguhnya. Padahal berbisnis dalam dunia retail sangat menarik karena memerlukan ketelitian. Bahkan ada yang slogan yang berkata “retail is detail”.

--------------------------------------------------------------------------------- 

Perbedaanya manifaktur, retail, dan jasa dapat dikategorikan yaitu:

Produksi
Manifaktur dari bahan baku lalu diproses menjadi barang yang diinginkan oleh perusahaannya, seperti susu diolah hingga menjadi roti. Jika retail, tidak merubah barang karena kita sudah langsung mendisplay barang yang telah datang dari supplier. Sedangkan jasa tidak membutuhkan barang.

Biaya
Manifaktur membutuhkan biaya produksi, tenaga kerja,overhead pabrik, dan lain-lain. Jika retail, biaya utamanya dari harga pokok barang dari biaya usaha lain. Sedangkan jasa tidak ada perhitungan harga pokok penjualan.


Koran termasuk ke jenis usaha manifaktur dan jasa karena harus membutuhkan bahan baku kertas untuk dijadikan koran lalu disebarluaskan, selain itu melalui koran dapat menjual iklan didalamnya.

Fungsi Bisnis :

Produksi 
Lebih baik dalam memulai bisnis, kita harus melihat kondisi karena di jaman sekarang ini, orang-orang mencari produk yang unik yang tentunya berbeda dari yang lain dan menarik.

Pemasaran 
Menentukan segmentasi yang kita tuju.

Personalia / SDM 
Tentu kita untuk memulai bisnis dituntut untuk harus memiliki skill atau kemampuan, semangat, kreatif, dan inovatif.

Keuangan
Tugas Manajemen sendiri ialah mewujudkan agar 4 fungsi bisnis tadi dapat berjalan dengan baik dan menjamin terjadinya sustainable growth. Dan untuk prinsipnya ialah : planning, organizing, actuating, controlling.
--------------------------------------------------------------------------------- 
"selalu bersyukur dalam kondisi apapun yang kita miliki saat ini, taat kepada Tuhan dan taat melakukan kewajiban, serta selalu merasa haus dan lapar terhadap ilmu pengetahuan dan wawasan" (kurniawan Muhammad)
--------------------------------------------------------------------------------- 
-PEMBICARA-
"JOB DESCRIPTION & BUSINESS FUNCTION"


Kurniawan Muhammad adalah direktur di jawa pos radar malang, sebelumnya seorang wartawan di pusat jawa pos.
---------------------------------------------------------------------------------
#businesspractice4 #bp4 #stmikasia www.asia.ac.id
---------------------------------------------------------------------------------
"Job Description & Business Function - jawa pos radar malang" dilaksanakan pada Kamis, 12 April 2018 pukul 10.00 WIB di Perguruan Tinggi ASIA Malang dengan pembicara Pak Kurniawan Muhammad. (radarmalang)


PLEASE SHARE THIS

Facebook Google+ Twitter

Komentar

Postingan Populer